Gerakan Seniman Masuk Sekolah 2020

Gerakan Seniman Masuk Sekolah 2020

admin
30 November 2020

Pentas Budaya dan Pagelaran Seni Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) di gelar di Gedung Olahraga Ajisaka Kawasan Sekuting Terpadu Senin,30/11/2020 pada kesempatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Lampung Barat Hi. Mad Hasnurin dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Barat Bulki,S.Pd.,MM. Kegiatan GSMS 2020 merupakan Persembahan dari 20 Seniman yang terseleksi dengan kompetensi seniman tari, seniman musik, seniman teater, seniman sastra, seniman kriya dan seniman fotografi untuk melakukan 11 kali pertemuan yang terbagi untuk pembelajaran dan pementasan, semuanya telah memberikan pengetahuan Seni dan Budaya di sekolah baik tingkat SD maupun SMP yang tersebar di sejumlah kecamatan di kabupaten Lampung Barat,  antara lain di SDN 1 Giham dan SDN Waspada, SDN 3 Tugu Sari, SDN 1 Pura Jaya dan SDN 1 Muara Baru, SDN 1 Way Mengaku, SDN 3 Way Mengaku, SDN 1 Sebarus,  SMPN 1 Liwa, dan SMPN 2 Liwa, SDN 2 Kembahang, SDN 1 Pekon Balak dan SMPN 1 Batu Brak, SDN 1 Tanjung Raya, SDN 1 Buay Nyerupa dan SMPN 1 Sukau  SDN 4 Padang Tambak dan SMPN 2 Way Tenong, SMPN 1 Air Hitam dan SMPN 1 Belalau.

Pada tahun ini setelah melalui proses undangan sosialisasi dan wawancara dari 97 kabupaten/kota dan Provinsi se Indonesia, terpilihlah Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Barat bersama 15 Kabupaten Kota dan Provinsi lainnya untuk melaksanakan kegiatan Gerakan Seniman Masuk Sekolah dengan mendapatkan kuota Seniman berjumlah 20 orang Seniman dari 219 Seniman yang dibiayai oleh Kemendikbud RI. Sebelum melakukan pembelajaran ke sekolah-sekolah Seniman dan Asisten Seniman akan dibekali pengetahuan tentang pembuatan tutorial pembelajaran dan pelaporan secara on line oleh Tim GSMS Kemendikbud RI

pada pembukaan Kadisdikbud Kabupaten Lampung Barat menyampaikan "di masa Pandemi Covid 19 ini, metode pembelajaran GSMS oleh seniman lokal Lampung Barat kepada siswa dilakukan secara daring maupun luring (tatap muka) sejak bulan Oktober sampai November. Pembelajaran didampingi oleh asisten seniman yang berasal dari sekolah, dengan pengawasan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Barat. Pada akhir proses pembelajaran, hari ini Dinas pendidikan dan Kebudayaan Lampung Barat bersama Seniman  menyelenggarakan pertunjukan/pameran hasil pembelajaran para siswa dengan seniman dengan tetap mengikuti protokol kesehatan pengendalian COVID-19 dan membuat dokumentasi berupa video".

dalam kesempatan yang sama Kadisdikbud juga menyampaikan harapan nya "Kepada para peserta didik program GSMS kami berharap di masa masa mendatang dapat turut menularkan ilmu dan pengetahuan seni budaya yang di dapat dari para Seniman, dan kepada Para seniman teruslah berkarya, berinovasi dan menghasilkan karya seni dan budaya yang baik dan berkarakter jati diri bangsa guna memperkaya kebudayaan luhur masyarakat Lampung Barat khususnya dan kebudayaan nasional pada umumnya, dan  Kami mohon kepada Yth. Bupati Lampung Barat untuk dapat  memberikan arahan dan sambutan sekaligus membuka secara resmi Kegiatan Pentas Budaya dan Pagelaran Seni Gerakan Seniman Masuk Sekolah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Barat Tahun 2020". 

Selain Pelaksanaan Pentas Budaya dan Pagelaran Seni di sela kegiatan juga dilaksanakan penyerahan Beasiswa Bagi Putra/Putri Lampung Barat yang di terima di Jurusan Seni Perguruan Tinggi Negeri secara simbolis oleh Bupati Lampung Barat Hi. Parosis Mabsus, harapan nya dengan Beasiswa tersebut Setelah lulus nanti mereka akan mengabdikan ilmu nya di bumi selaka Bekhak Kabupaten Lampung Barat dan senantiasa melestarikan dan juga mengembangkan Seni dan Budaya di Kabupaten Lampung Barat, hal ini pula bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dalam hal Pendidikan sekaligus membangun, mengembangkan dan melestarikan Budaya.

Mari Bersama-sama Kita Bergotong-royong Mencerdaskan Kehidupan Bangsa
admin
admin
.
© Copyright 2019. DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN LAMPUNG BARAT. All Right Reserved
Alamat : Jl. Mawar No.10 Way Mengaku-Liwa 34811. Telp : 0728-21119